Berita

    Ketahui Perbedaan Cara Merawat Mobil Matic & Manual

    Melakukan perawatan mobil memang sangat diperlukan bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi. Perawatan ini juga harus dilakukan dalam jangka waktu yang rutin, apalagi bila Anda sudah menggunakan mobil dalam waktu yang relatif lama dan frekuensi yang sering. 

    Lalu, apakah ada perbedaan cara merawat mobil matic dan mobil transmisi manual? Simak penjelasannya berikut ini.

    Mobil Matic Vs. Mobil Transmisi Manual

    Apa perbedaan dasar dari mobil matic dan mobil transmisi manual? Tentu saja bedanya ada pada penggunaan kopling dan transmisi. Apa saja selain perbedaan tersebut? Yuk simak dulu perbedaan dasarnya sebelum mengetahui cara merawat mobil matic dan mobil manual berikut ini.

            1. Transmisi Dengan Atau Tanpa Kopling

    Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bila Anda menggunakan mobil transmisi manual maka Anda harus memindahkan gigi dengan tuas persneling dan kopling. Sedangkan pada mobil matic, Anda tidak perlu menggunakan kopling.

            2. Cara Mengoperasikan

    Tentu saja ada perbedaan cara pengoperasian antara mobil matic dan juga manual. Pada mobil manual, posisi tangan kiri ada di tuas persneling, kaki kiri ada pada pedal kopling, dan kaki kanan siap menginjak pedal gas atau rem.

    Sedangkan untuk mobil matic, Anda hanya perlu memposisikan tangan kiri di tuas persneling dan kaki kiri menginjak gas atau rem.

            3. Cara Rem

    Ini yang kadang menjadi pertimbangan untuk tetap memilih mobil manual dibanding dengan mobil matic. Mobil manual memiliki sistem pengereman lebih halus karena memiliki engine brake. Ini yang menyebabkan mobil matic kurang cocok untuk jalan tidak rata dan menanjak.

            4. Penggunaan BBM

    Mobil matic cenderung memakan BBM lebih banyak bila dibandingkan dengan mobil matic. Namun ini juga tergantung dari cara Anda menginjak pedal gas dan juga pengereman. Sekarang banyak mobil matic dengan teknologi eco friendly yang bisa membuat konsumsi lebih efisien.

    Cara Merawat Mobil Matic

    Berikut ini akan dijelaskan tentang cara merawat mobil matic.

            1. Rajin Mengganti Oli Transmisi

    Ini adalah salah satu yang paling penting saat merawat mobil matic. Anda harus sering mengganti oli setidaknya saat sudah menempuh jarak 25.000 sampai dengan 50.000 km.

            2. Memindahkan Transmisi Dengan Benar