Berita

    Ketahui 5 Tips Mengatur Cahaya Sorot Lampu Mobil, Penting!

    Komponen lampu pada mobil adalah hal yang sangat vital, terlebih jika digunakan untuk malam hari. Sorot lampu mobil juga menjadi hal yang wajib diperiksa dan Anda pertimbangkan agar penerangan jalan lebih maksimal, sekaligus tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

    Komponen lampu mobil ini menjadi penting karena ketika malam hari. Anda juga wajib mengetahui cara untuk mengatur sorot lampu pada mobil Anda agar tidak mengganggu pengendara lain tetapi tetap maksimal performanya. Maka dari itu, simak artikel di bawah ini!

    5 Tips dalam Mengatur Sorot Lampu Mobil

    Mengatur sorot lampu pada mobil dapat Anda lakukan secara mandiri. Caranya juga mudah dan manual, sehingga Anda dapat secara rutin memeriksa kualitas sorot lampu kendaraan mobil Anda. Sorot lampu kendaraan mobil memang wajib diperhatikan, karena demi keselamatan.

    Sorot lampu yang ideal tidak hanya dapat memberikan Anda penerangan maksimal, tetapi juga ketika berkendara Anda tidak mengganggu pengendara lain. Jika sorot lampu kendaraan Anda baik, maka akan tercipta keselamatan berkendara bersama. Inilah 5 tips mengatur sorot lampu mobil, yaitu:

            1. Parkir Kendaraan Menghadap Tembok

    Pertama-tama, Anda dapat melakukan uji coba lampu sorot mobil Anda dengan parkir kendaraan dengan menghadap tembok. Pilih lah tembok yang rata dan dapat membantu Anda untuk melihat apakah sorot lampu kendaraan Anda dapat terlihat jelas.

    Biasanya, jika Anda sudah tepat dalam parkir mobil maka sorot lampu kendaraan Anda akan sejajar tingginya. Nah, Anda dapat menyimpulkan jika sorot lampu kendaraan Anda sudah tepat dan baik.

            2. Ukur Titik Fokus Lampu Mobil

    Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengukur titik fokus sorot lampu kendaraan mobil Anda. Titik fokus ini bertujuan agar sorot lampu dapat bekerja maksimal dan tidak ada kekurangan apa pun. Caranya, Anda dapat memberi tanda selotip berwarna hitam pada tembok Anda.

    Dari situ, nanti Anda dapat memutuskan bahwa sorot lampu kanan dan kiri apakah seimbang atau tidak tingginya. Karena jika tidak diuji seperti itu, maka kemungkinan sorot lampu mobil Anda tidak ideal dan mengganggu Anda berkendara akan lebih tinggi. 

            3. Buka Kap Mesin Mobil

    Membuka kap mesin mobil juga menjadi alternatif cara untuk menyeimbangkan sorot lampu pada mobil Anda. Jika Anda merasa bahwa sorot lampu kiri dan kanan mobil Anda berbeda atau kurang seimbang, maka Anda dapat menggunakan kap mesin mobil untuk menguji cobanya.